5 Tanda Gula Darah Anda Terlalu Tinggi (dan Bagaimana Cara Mengatasinya)

Kadar gula darah tinggi tak hanya dimiliki oleh penderita diabetes saja, namun orang yang sehat – termasuk Anda juga bisa mengalaminya. Walaupun memang orang yang memiliki tanda gula darah tinggi sebagian besar telah terdiagnosis diabetes mellitus atau pun pra-diabetes. Banyak orang mungkin tidak sadar bahwa gula darahnya sedang naik dan hal ini cukup membahayakan. Oleh karena itu, ketahui gejala dan tanda gula darah tinggi pada tubuh Anda.

Berbagai gejala dan tanda gula darah tinggi

Kondisi gula darah yang meningkat sudah pasti mengubah fungsi tubuh Anda saat itu. Berikut adalah berbagai tanda gula darah tinggi pada tubuh yang harus Anda ketahui:

1. Selalu merasa haus, namun sering buang air kecil

Hati-hati jika Anda selalu merasa haus meski telah minum banyak air. Rasa haus yang tak hilang adalah tanda gula darah tinggi yang paling sering terjadi. Hal ini diakibatkan karena fungsi ginjal Anda terganggu sesaat setelah tubuh tak mampu mengendalikan gula darah. Cairan yang seharusnya diserap kembali oleh ginjal, justru keluar bersama gula. Kondisi ini pada akhirnya membuat Anda kekurangan cairan dan sering buang air kecil sekaligus.

2. Merasa kelelahan

Gula adalah sumber utama energi di dalam tubuh. Jika gula darah tinggi, harusnya energi yang dimiliki tubuh semakin banyak. Namun pada kenyataannya gula darah yang tinggi tidak bisa diolah dengan baik dan mengganggu fungsi insulin, sehingga tubuh tidak mengolahnya dan akhirnya kekurangan energi. Kondisi itu yang membuat Anda menjadi cepat lelah.

3. Selalu lapar, tetapi berat badan malah turun

Meskipun telah makan banyak, tetap saja gula darah tidak diolah menjadi energi akibat terlalu banyak. Sel-sel tubuh Anda tidak mendapatkan makanan, sehingga Anda merasa terus lapar dan nafsu makan meningkat. Kondisi ini juga dapat membuat berat badan Anda turun secara tiba-tiba.

4. Penglihatan menjadi kabur

Tanda kadar gula darah tinggi lainnya adalah kemampuan melihat yang menurun. Jadi, saat gula darah meningkat, tubuh tak mampu membuat energi yang seharusnya dipakai untuk menjadi bahan bakar semua jaringan tubuh, termasuk sistem saraf. Dalam hal ini, jaringan saraf pada indera penglihatan juga dapat terganggu, akhirnya penglihatan Anda menjadi kabur.

5. Mulut kering

Mulut kering atau yang biasa disebut dengan xerostomia, merupakan tanda gula darah tinggi. Gula darah yang tinggi menyebabkan kelenjar air liur terganggu sehingga tidak menghasilkan air liur secara normal. Biasanya gejala yang juga dialami saat mengalami kondisi ini adalah nyeri dan sakit pada gusi serta gigi.

Bagaimana cara menjaga kadar gula darah tetap normal dan stabil?

Kadar gula darah sangat berkaitan erat dengan pola makan serta gaya hidup Anda sehari-hari. Bila Anda mengalami kenaikan kadar gula darah, maka coba perhatikan dan evaluasi lagi gaya hidup Anda saat ini. Mengonsumsi makanan secara tidak terkendali dan tidak melihat kebutuhan kalori atau porsi dapat membuat kadar gula darah Anda melonjak. Apalagi tidak diiringi dengan kebiasaan olahraga rutin, maka bukan tidak mungkin pada akhirnya Anda akan mengalami diabetes mellitus.

Memang sulit untuk mengendalikan nafsu makan yang tinggi dan menahan perut untuk tidak keroncongan. Apalagi jika Anda sudah terdiagnosis mengalami diabetes mellitus atau pun pra-diabetes. Padahal dalam kondisi tersebut, Anda diharuskan untuk mengendalikan porsi makan serta memilih jenis makanan yang tepat.

Salah satu hal yang bisa menolong Anda dari rasa lapar yang berlebihan dan tak menyebabkan gula darah melonjak tinggi adalah dengan memilih camilan yang sehat dan mengenyangkan, seperti SOYJOYSOYJOY merupakan snack sehat terbuat dari kedelai yang kaya akan serat dan protein sehingga dicerna perlahan oleh tubuh dan bisa mengontrol nafsu makan. Selain itu, SOYJOY juga mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga tidak cepat meningkatkan kadar gula darah Anda setelah mengonsumsinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *